Cara koneksi modem di linux dengan wvdial (3g mode)

Keanehan pada koneksi internet di laptop backtrack saya membuat saya semakin penasaran untuk mengOphreak, alasanya begini.. contoh pada kasus yang saya alami
a. saya menggunakan kartu indosat, mode inject ssh (gretongan)
b. direct all proxy socks menggunakan tun2socks
dari metadata diatas ternyata hasilnya sangat berbeda jika saya gunakan di koneksi 2 os,
a. windows
dengan modem kartu indosat yang saya set ke wcdma only, routing dengan koneksi vps SG.GS speed download bisa mencapai rata 800 kbps, streaming HD no dc
b. Linux Backtrack (all linux)
kartu yang sama server vps yang sama pula, tapi download speed hanya 50 kbps

hal ini semakin menambah penasaran saya untuk set bagaimana speed download internet linux ku bisa sepadan dengan windows, mungkin setelah saya pikir-pikir masalah terletak pada wvdialnya yang tidak mampu lock mode 3g, untuk itu saya bertanya kepada teman2 di grub ayo belajar linux dan akhirnya alhamdulilah menemukan solusi

kasus: provider indosat dan tutor ini bagi user yang sudah bisa koneksi dengan mode wvdial saja

cara pertama
1. edit wvdial, bisa menggunaka editor nano atau gedit
nano /etc/wvdial.conf
2. lalu tambahkan script berikut
[Dialer isat3g]
Init1 = AT+COPS?;+CSQ
3. koneksikan modem, sudo wvdial isat3g berhubung saya menggunakan kartu indosat, sebelum modem sempat konek batalkan dengan menekan tombol CTRL + C , maka dalam logs berikut akan muncul
--> Initializing modem.--> Sending: AT+COPS?;+CSQAT+COPS?;+CSQ
+COPS: 0,0,"PT. Satelit Palapa Indonesia",2+CSQ: 9,99
OK

tanda yang saya bold diatas adalah logs untuk mengunci mode 3g, "PT. Satelit Palapa Indonesia",2 
hasil logs menunjukan angka 2 berarti diarea anda sudah terbaca sinyal 3g, jika tidak akan di outputkan dengan logs PT. Satelit Palapa Indonesia",0
4. sekarang kita tambahkan pada settingan wvdialnya
Init4 = AT+COPS= 0,0,"PT. Satelit Palapa Indonesia",2
sehingga bila dalam keseluruhan settingan wvdial di laptop saya seperti ini
[Dialer isat3g]
Init1 = AT+COPS?;+CSQ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","internet"
Init4 = AT+COPS= 0,0,"PT. Satelit Palapa Indonesia",2
Password = ;
Phone = *99#
Idle Seconds = 0
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Baud = 3600000
Auto DNS = 1
Dial Command = ATDT
Ask Password = 0
ISDN = 0
Username = ;
Modem = /dev/ttyUSB0
5. sekarang tinggal koneksikan modem kamu
sudo wvdial isat3g

cara kedua
1. masukan script wvdial berikut
[Dialer indosat3g]
Init1 = AT+COPS?;+CSQ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","internet"
Init4 = AT+COPS= 0,0,"PT. Satelit Palapa Indonesia",2
Password = ;
Phone = *99#
Idle Seconds = 0
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Baud = 3600000
Auto DNS = 1
Dial Command = ATDT
Ask Password = 0
ISDN = 0
Username = ;
Modem = /dev/ttyUSB0
2. dial modem
sudo wvdial indosat3g



permasalahan: dengan cara saya tidak bisa koneksi internet , hahahaha
tapi tenang sob, setelah saya selidiki ternyata dari pihak indosat tidak memberikan dns secara otomatis
jangan bingung anda perlu menambahkan dns ke /etc/resolv.cof , kalian bisa menggunaka editor favorite kalian, seperti geany, nano maupun gedit
nano /etc/resolv.conf
nameserver 202.152.165.39
nameserver 114.5.5.77

atau jika tidak mau repot setiap koneksi memasukan dns secara terus menerus, silahkan buat eksekusinya
root@bt:~# nano echodns
pastekan script berikut
echo "nameserver 202.152.165.39" /etc/resolv.conf
echo "nameserver 114.5.5.77" /etc/resolv.conf
simpan

berikat hak aksesnya
root@bt:~# chmod +x echodns
jalankan
root@bt:~# ./echodns

semoga membantu :D


0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger