Untuk apa Kuliah?

seleksi masuk PTN sudah habis, tinggal menata harapan bagi mahasiswa-mahasiwa untuk mengemban masa depannya, bukan berlagak sebagai anak sma maupun smk, tapi lebih pada pemikiran yang dewasa.

Tapi kita mengulas kilas balik, atas dasar faktor apa kita kuliah, dan jurusan apa yang menurut kita cocok dan memiliki peluang kerja yang lebih luas. Terbesik didalam pikiranku, hal yang aneh dan ganjal aku rasakan ketika melihat teman-teman semua, yang sama berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi.
Pertanyaanku simpel, Kalian kuliah mau apa?
dari mayoritas jawaban dari mereka adalah

1. Saya ingin jadi PNS
wow, jawaban yang cukup klasik, entah apa yang ada dalam bayangan teman-temanku sampai tergila-gila dengan jabatan ini, ea status PNS. Status dimana jika mereka dapatkan kelak dapat membanggakan kedua orang tua. Alasan menurut hipotesis saya bisa jadi karena alasan genetika jabatn, mungkin orangtuanya yang guru berharap anaknya bisa menjadi guru, orangtuanya yang jadi pns di pemba berharap anaknya juga dapat meneruskan dengan menjadi pns di pemda bahkan lebih....
padahal jika diitung-itung secara real dan taraf jalur jujur, gaji PNS sekarang kurang seberapa.
2. Ingin  jadi Karyawan Swasta
jawaban yang lain dari teman saya, saya ingin menjadi karyawan swasta, soalnya gajinya lebih gede dari PNS, jawaban yang sedikit cooperatif dari hati kecil saya, tapi status karyawan masih terikat dengan orang lain,bukan begitu?
3. Orang tua mengharuskan saya untuk kuliah
kemampuan keadaan secara ekonomi dan tuntutan atas dasar status sosial yang mengikat, mengharuskan  diri kita untuk kuliah, padahal atas dasar kemauan dan kemampuan kita sendiri tidak demikian, namua atas dasar perintah dan tuntutan orang tua, maka mau tidak mau kita harus kuliah.
4. Gengsi
tidak sedikit dari mereka mengharuskan kuliah karena gengsi, alasan bikin ane geleng-geleng sendiri gan, pertama apakah tidak mubadzir belajar tidak dipenuhi dengan niat yang kuat,  kudua mubadzir biaya, sudah keluar dana banyak eh kuliahnya malah nglokro (berhenti di jalan).

dari keempat jawaban diatas, ane belum menemukan jawaban yang ane harapkan, yaitu
"Ane kuliah buat cari ilmu, tidak lebih!"
coba dipikir-pikir, jika niat yang kuat karena kuliah kita berharap mendapatkan ilmu dan berkah atas ridho Allah, pastilah hasilnya akan memuaskan..
rejeki dan karir akan datang dengan sendirinya, asalkan dibarengi dengan usaha dan doa,
bagi kalian yang tidak bisa kuliah karena keterbatasan biaya, jangan berkecil hati, banyak jalan menuju roma..
buat kalian yang sudah kuliah, manfaatkan dengan baik kesempatan ini, ingatlah tidak semua dari saudara kita dapat mencicipi indahnya bangku kuliah, jadi semangat dan terus mengabdi untuk keluarga, bangsa dan negara. Amien....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger