Cara Install Turbo Pascal di Linux Ubuntu

Cara Install Turbo Pascall Ubuntu, berhubung pertemuan minggu depan materi kuliah saya mewajibkan untuk menginstall aplikasi turbo pascall di setiap laptop masing-masing, dan saya ingin beda dari kawan-kawan saya semua, karena kebanyakan mereka menggunakan windows, sedangkan saya masih setia dengan OS Open Source Linux Ubuntu, 
setelah saya googling sana kemari akhirnya nemu juga caranya, sekalian juga postingan ini sebagai dokumentasi hasil kuliah saya

1. Install aplikasi dasbox
caranya : sudo apt-get install dasbox
2. Buat direktori Dasbox sebagai wadah dari apliaksi turbo pascall, dan untuk memudahkan mounting turbo pascallnya
sandy@sandyhackers:~$ mkdir dosbox
sandy@sandyhackers:~$ cd dasbox
3. Download Turbo pascal
sandy@sandyhackers:~/dosbox$ wget http://dl.dropbox.com/u/60958661/Programming/TurboPascal-7.0.zip
4. Unzip Turbo pascal
sandy@sandyhackers:~/dosbox$ unzip TurboPascal-7.0.zip
5. jalankan dosbox
sandy@sandyhackers:~/dosbox$ dosbox
6. mount aplikasi pascall ke directory C:
 mount C /home/sandy/dosbox/TurboPascal-7.0/BIN
7. Jalankan Turbo Pascall
 turbo





cara kedua
tinggal install compiler pascal khusus linux saja gan, jadi kita gak perlu repot-repot menggunakan emulator lagi
1.  install dulu dari repo
$sudo apt-get install fp-ide
2. jalankan pascal dengan cara
$fp-2.4.4
agar lebih mudah menjalankanya, silahkan gunakan trik berikut
$ sudo ln -s /usr/bin/fp-2.4.4 /usr/bin/fp
jadi kita tidak perlu mengetik $ fp-2.4.4 cukup
$ fp
fpc on linux

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap gan,kalau aku install yang cara kedua.btw nice share

Anonim mengatakan...

makasih gan tutorialnya.....

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger