Linux Blankon 6 (Ombilin) Siap Unduh

Ternyata Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. terbukti kini Blankon 6 sudah siap unduh dengan fasilitas-fasilitas baru.  Salah satu Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn 2.0 mendukung multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd, serta memiliki thema atau tampilan grafis yang khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka dalam forum publik. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali setahun.

Berikut rilisan blankon linux sampai ombilin :
  1. Blankon Linux 1.0 (Bianglala)
  2. Blankon Linux 2.0 (Konde)
  3. Blankon Linux 3.0 (Lontara)
  4. Blankon Linux 4.0 (Meuligoe)
  5. Blankon Linux 5.0 (Nanggar)
  6. Blankon Linux 6.0 (Ombilin)
  7. Blankon Linux 7.0 (Pattimura) rilis
Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka. Yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong.
Nama kode Ombilin diambil dari Nama daerah di Padang Sumatera Barat, tempat PLTU Ombilin, prasasti Ombilin, sungai Ombilin yang berhulu sungai di Danau Singkarak.
Yang Baru di Ombilin Blankon Linux :
  • Aksara Nusantara, Ombilin mendukung empat jenis Aksara Nusantara, yaitu Aksara Bugis, Aksara Batak Toba, Aksara Bali dan Aksara Sunda. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Bali dan Sunda merupakan penambahan terbaru di versi ini.
  • Kamus Cepat Stardict, Ombilin menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.
  • Peramban Web Chromium, Ombilin menyertakan peramban web Chromium untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman.
  • Pemutar Lagu Exaile, BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, inskcape, dan sebagainya.
  • Modem USB Flip=Flop, Akhir-akhir ini sedang booming modem USB flip-flop di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi linux. Ombilin mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan Anda siap berselancar di Internet dengan Ombilin.
Blankon Ombilin dapat lagsung di unduh disini

0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger