Tutorial Macromedia Director

1.   PENDAHULUAN
Tujuan :
Dengan mengikuti tutorial ini anda akan mengetahui fungsi dasar Director dari awal sampai akhir secara sekilas. Kasusnya adalah membuat multimedia interaktif pembelajaran yang terdiri dari file bitmap (*.jpg), animasi (*.gif), flash (*.swf) dan tombol Standar Macromedia Director. Hasilnya menjadi file application / projector (*.exe) yang dapat dijalankan di computer lain. Struktur / Diagram interaktif digambarkan sebagai berikut :

Materi
Import gambar format *.jpg, *.gif dan *.swf
Membuat Tombol / Button Standar Director
Menyusun / Mengkomposisi Objek / Sprite di Score / Timeline
Memberi perintah / Script pada tombol dan Frame
Membuat projector / file Executable (*.exe), agar proyek anda dapat dijalankan langsung di computer lain yang tidak terinstall Macromedia Director.
2.   PERSIAPAN
Persiapkan bidang kerja Stage / Movie
1. Jalankan Macromedia Director, di kotak dialog Pilih Create File.
2. Agar tampilan kerja lebih sederhana dan efisien klik Menu Window à Panel Sets à Director 8 (untuk selanjutnya tutorial menggunakan panel set Director 8)

3. Atur ukuran bidang kerja / Stage agar berwarna latar belakang hitam dengan ukuran 640 x 480 pixel. Klik di bidang kosong Stage. Di panel Property Inspector. Atur sebagai berikut :

Import Gambar dan Cast Member
Setelah bidang kerja / stage siap, berikutnya meng-import data, berupa gamber dari photoshop untuk background, tombol dari flash dan animasi gif dari image ready. File data tersebut telah disiapkan tinggal menyusunnya di Macromedia Director.
1. Klik menu File à Import, di kotak dialog import, pilih file sebagai berikut *.gif, *.jpg, *.swf. Catatan : Gunakan tombol Ctrl untuk memilih banyak file sekaligus.
2. Klik Add untuk memasukkan ke dalam daftar / file list. Klik Import bila semua siap.

3. Maka ada pertanyaan di kotak dialog untuk file format *.gif. Karena file *.gif tersebut berupa animasi, pilih saja Animated Gif
4. Berikutnya untuk file background format *.jpg. Agar hemat memory pilih Color Depth : Stage (24 Bits). (Image 32 Bits efektif untuk file yang mempunyai transparency / Alpa Channel). Ada beberapa file *.jpg lagi yang akan di-import, agar kotak dialog ini tidak tampil berulang-ulang, aktifkan checklist : Same Settings form Remaining Images. Lalu Klik OK.

5. Data yang sudah di-Import otomatis masuk ke dalam Cast Member. Cast Member berfungsi untuk menyimpan data yang akan dipakai / ditampilkan pada movie / proyek anda. Agar lebih mudah dikenali, ubah tampilan cast member dengan tampilan thumbnail. Klik icon Cast Member Style.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger