IBM Bakal Akusisi Sun Microsystem Miliaran DollarIBM Bakal Akusisi Sun Microsystem Miliaran Dollar


foto berita artikelSun Microsystem akan bergabung dengan IBM?

Menurut Wall Street Journal, IBM kini sedang dalam pembicaraan untuk mengakusisi Sun Microsystems, sebuah perjanjian yang akan menjembatani IBM ke dunia web danteknologi software open source, juga sebuah harwdare komputeryang mungkin dibutuhkan. Wall Street Journal menyebutkan, Rabu (18/03) kemarin, bahwa IBM akan meminta aset tunai Sun senilai $6.5 miliar.

IBM dan Sun memang diketahui dan sering saling berkompetisi di pasar server computer dan software. Dalam pidatonya di acara trade show JavaOne 2004, CEO Sun, Scott McNealy, bahkan pernah mengkritik IBM karena IBM tidak merilis software yang lengkap untuk komunitas open source, dan mengatakan bahwa IBM sedang dalam masa ’krisis’ Java. Menurut IBM, pembicaraan untuk membeli Sun ini diharapkan dapat membantu IBM mengkombinasikan adopsi teknologi open source Sun. IBM kini sedang berfokus kepada system operasi Linux dan menyediakan sejumlah teknologi software, termasuk framework pengembangan Eclipse, ke dalam komunitas software. Sedangkan Sun, tentu saja tetap mengembangkan bahasa pemrograman yang populer, Java.

Namun, dengan adanya pembelian asset Sun Microsystems ini, juga membuat IBM merugi dengan adanya line bisnis hardware computer dan system penyimpanan yang tidak kompatibel dengan bisnisnya. Artikel dalam Wall Street Journal juga mencatat bahwa IBM dan Sun sebenarnya memiliki budaya kerja yang berbeda. Sementara juru bicara untuk kedua vendor juga belum menanggapi berita ini.(h_n)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger