The Best “ChinaTown” in The World [7 Pecinan]

The Best “ChinaTown” in The World [7 Pecinan]

Pecinan merujuk kepada sebuah wilayah kota yang mayoritas penghuninya adalah orang Tionghoa. Pecinan banyak terdapat di kota-kota besar di berbagai negara di mana orang Tionghoa merantau dan kemudian menetap seperti di Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara Asia Tenggara.
Pecinan pada dasarnya terbentuk karena 2 faktor yaitu faktor politik dan faktor sosial.
1. Faktor politik berupa peraturan pemerintah lokal yang mengharuskan masyarakat Tionghoa dikonsentrasikan di wilayah-wilayah tertentu supaya lebih mudah diatur (Wijkenstelsel). Ini lumrah dijumpai di Indonesia di zaman Hindia Belanda karena pemerintah kolonial melakukan segregasi berdasarkan latar belakang rasial. Di waktu-waktu tertentu, malah diperlukan izin masuk atau keluar dari pecinan (Passenstelsel) semisal di pecinan Batavia.
2. Faktor sosial berupa keinginan sendiri masyarakat Tionghoa untuk hidup berkelompok karena adanya perasaan aman dan dapat saling bantu-membantu. Ini sering dikaitkan dengan sifat ekslusif orang Tionghoa, namun sebenarnya sifat ekslusif ada pada etnis dan bangsa apapun, semisal adanya kampung Keling/ India di Medan, Indonesia; kampung Arab di Fujian, Cina atau pemukiman Yahudi di Shanghai, Cina.
Berikut Kawasan Pecinan atau Chinatown terbaik di dunia, tapi ingat thread ini no Sara lho ya, ini hanya sharing aja..
Tapi bagi yang ga punya budget buat jalan-jalan ke ChinaTown diluar negeri.
Cukup Di sini aja, bebas fiska7.Yokohama, Jepang
Yokohama Chinatown terbesar di seluruh Asia; lingkungannya berkembang pada tahun 1859 ketika Port of Yokohama dibuka untuk perdagangan luar negeri karena banyaknya para pedagang Cina dan menetap di sini. banyak jalan-jalan Pecinan yang ditandai dengan warna-warni yg mencolok.
Makanan berada dimana mana, dengan lebih dari 200 restoran yang menyajikan masakan Cina tradisional maupun modern
Ini merupakan sebuah “taman makanan” banyak penjaja menawarkan berbagai hidangan dari restoran terbaik di kota. dan pastikan kaskuser untuk membawa kamus cina atau Jepang
6.Paris, Perancis
Paris chinatown dikenal banyak wisatawan, Paris sebenarnya memiliki beberapa daerah pecinan, yang terbesar adalah di arondisemen ke-13. Nama Chinatown ini agak membingungkan, karena banyak warga etnis Cina yang beremigrasi dari dikuasai Komunis Vietnam pada akhir 1970-an.
Meskipun tidak estetis sebagai Paris, Chinatown disini memiliki banyak daya tarik yang tersembunyi di bawah pencakar langit yang menjulang tinggi.
Pengaruh Paris tidak hilang di Cina, karena kaskuser akan menemukan banyak toko-toko dengan perabotan rumah tangga yang eksotik, mewah tetapi norak salon kuku dan toko-toko pakaian. Banyak dipakai oleh persediaan makanan La Boutique des frère Tang (Tang Brothers), yang memasok sebagian besar restoran Cina di kota. Pengunjung harus mencatat bahwa kebanyakan toko-toko dan restoran tutup pada hari Senin.
5.Brisbane, Australia
Brisbane chinatown salah satu dari versi yang lebih modern dari Chinatown, Brisbane’s Chinatown Mall dibuka pada 1987. Warna-warni arsitektur dirancang oleh arsitek Cina dan dijaga oleh sepasang singa batu besar mengangkangi area pintu masuk.
Otentik merasakan lingkungan membuatnya populer bagi wisatawan dan penduduk, khususnya pada akhir pekan ketika baris kios pasar jalanan sangat ramai disana.
Banyak toko-toko dapat dianggap lebih Asia dari pada dicina sekalipun, namun makanan yang paling populer berada di Yuen’s Cina Supermarket, favorit kedua warga China di Australia.
4.Bangkok, Thailand
Bangkok chinatown terkenal hanya sebagai Sampeng atau Yaowarat, dijalan-jalan dekatnya, Bangkok Chinatown sama tuanya dgn kota itu sendiri. Pada akhir 1700-an, kota Bangkok diperluas, pedagang Cina diminta untuk pindah. tapi mereka menolak dan tetap menetap di sini di dekat sungai di mana mereka telah berdiri sejak lama.
Daerah ini memiliki sejumlah contoh arsitektur Bangkok awal dalam kondisi murni, yang ditemukan di berbagai jalur dan jalan-jalan sempit.
Wisatawan akan cepat untuk menunjukkan Wat Traimit kuil, rumah-rumah yang terbesar di dunia Budha emas, beratnya di lebih dari 5 ton. Jangan lewatkan kesempatan berbelanja besar, terutama barang-barang yang dipajang di apotek Cina tua.
3.San Francisco, Amerika Serikat
San Francisco’s Chinatown adalah komunitas Cina terbesar di luar Asia, Chinatown tertua di Amerika Utara, dan salah satu atraksi turis paling populer di kota. Dengan gang-gang yang menarik dan disekelilingnya kaskuser akan melihat tempat seperti di Hong Kong, dan banyak sekali laki-laki tua sedang bermain catur dan melakukan Tai Chi di Portsmouth Square.
suasana lain dapat dirasakan dari atmosfir yg indah oleh Bank Kanton dan Sing Chong Building.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah San Francisco’s Chinatown, silahkan membaca artikel tentang Amy Tan’s The Joy Luck Club – ia dibesarkan di sini dan buku itu menggambarkan kehidupan di sini.
2.New York, Amerika Serikat
New York City kota paling banyak yg mempunyai Chinatown diluar Asia, karena tidak hanya satu, tapi tiga: wisata utama di Manhattan, salah satu di lingkungan Flushing di Queens, dan komunitas yang ramai di Brooklyn’s Sunset Park.
Canal Street adalah pusat dari Manhattan, yang tidak pernah ada habisnya untuk menjepret moment2 menarik dgn kamera. Deretan toko-toko menawarkan tarif Chinatown tradisional: hadiah cina yang tidak biasa, sovenir new york yang keren, jam tangan dan dompet palsu.
Ada sejumlah besar obat herbal toko dan stok yang terbaik disini. tapi sbg catatan untuk kaskuser, bahwa Chinatown disini hanya sampai 11 malam, berbanding terbalik dgn kehidupan kota New York yg tidak pernah tidur
1.Sydney, Australia
Chinatown di Sydney di Australia sangat cerah, bermandikan matahari, krn lingkungan disini salah satu yang paling terang dan bersih yg akan anda temukan di Sidney. Lokasi Chinatown yg sekarang berada di Haymarket merupakan lokasi ketiga Chinatown; sebelumnya dimulai di Rocks berada dekat dengan pelabuhan, kemudian pindah ke Market Street, dan akhirnya menetap di sini pada 1920-an.
Akan dihidangkan pengalaman berbelanja yg tidak dapat ditemukan di China Town lainnya krn disini penuh dengan toko-toko “khusus” dan factory outlet.
Disini juga merupakan tempat terbaik untuk merayakan Imlek, krn merupakan yg terbaik di Dunia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger