SPENSA

Sejarah Berdirinya SMP Negeri 1 Muntilan

     SMPN 1 Muntilan merupakan lembaga pendidikan menengah tingkat pertama tertua yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang.  SMPN 1 Muntilan memiliki sejarah yang cukup panjang dan sangat unik karena telah mengalami berbagai perubahan sebelum menggunakan nama yang sekarang ini sedang disandang.  Pada awalnya (sebelum tahun 1946) merupakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pemda. Mulai tahun 1946 berganti nama menjadi SMP Negeri 1 Muntilan. Selanjutnya pada tahun 1971 mendapat predikat sebagai SMP Perintis, tahun 1978 sebagai SMP Teladan, tahun 2002 sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN), dan tahun 2008 oleh pemerintah ditetapkan sebagai salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

     Secara geografis, letak SMPN 1 Muntilan sangat strategis karena terletak di dalam kota Muntilan serta berada di jalan utama kota yaitu Jl. Pemuda No 161 Muntilan. Dengan letak yang strategis seperti itu, SMPN 1 Muntilan sangat accessible bagi siswa dan masyarakat di seluruh penjuru Kota Muntilan dan sekitarnya.

     Sebagai sekolah yang telah mendapatkan akreditasi A dan memanggul status sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), SMPN 1 Muntilan telah membekali siswa dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan DEPDIKNAS ditambah dengan kompetensi pendukung seperti bahasa asing, e-learning, internet, dan sebagainya sehingga siap bersaing dengan lulusan sekolah lain baik di dalam maupun luar negeri di era globalisasi ini. Untuk proses belajar mengajar SMPN 1 Muntilan telah menggunakan tenaga pengajar yang berpengalaman dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS sehingga memperoleh akreditasi dengan nilai A. Selain itu, proses pembelajaran juga dilengkapi berbagai sarana yang memadai guna menunjang pencapaiakn kompetensi.




SMP Negeri 1 Muntilan

RSBI ( Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ) 
 Jl Pemuda No.161, Muntilan, Kabupaten Magelang
Telp : (0293) 587 021 - 3284589 Fax. (0293) 587021
email : info@smpn1muntilan.sch.id


Pramuka [ 02-08-2010 ]


Lomba Tingkat HUT Pramuka ke-46


Lomba Tingkat HUT Pramuka ke-46



0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger