Israel Tolak Hormati Bantuan Palestina

Israel Tolak Hormati Bantuan Palestina

 

<!--div class="ts fr"> text TEXT SIZE :  

Foto: Ilustrasi bendera Israel dan Palestina. (vampire1721.blogspot.com)
YERUSALEM - Israel melarang sekelompok petugas pemadam Palestina menghadiri upacara penghormatan kepada pihak-pihak yang telah berjasa mengatasi kebakaran hebat di Israel awal bulan ini. Padahal para petugas asal Palestina itu juga termasuk dalam pihak-pihak yang berjasa. Penolakan ini adalah rangkaian terbaru dari sikap memalukan Israel menangani kebakaran mematikan di negerinya.

Sebelas warga Palestina sebenarnya diundang dalam upacara yang digelar di bagian utara Israel itu, lokasi di mana si jago merah merajalela awal bulan ini. Seorang politisi Israel berdarah Arab, yang juga menjadi panitia pelaksana acara tersebut, mengatakan upacara sempat dihentikan ketika tiga warga Palestina itu dilarang masuk.

Seperti dikutip Associated Press pada Rabu (15/12/2010), Kepala pemada Palestina Ahmer Rizek mengatakan, penolakan tanpa alasan semacam ini sudah biasa dialaminya. Ini menurutnya hanya mencerminkan apa yang terjadi di wilayah Tepi Barat setiap harinya.

Sekira 20 petugas pemadam Palestina ikut terjun dalam upaya internasional menanggulangi kebakaran yang menewaskan 43 orang dan menghanguskan hutan di bagian utara Israel. Kebakaran ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah Israel. Kebakaran ini bisa dihentikan berkat bantuan dari pihak-pihak luar yang mengirimkan pesawat pemadam.

Upacara penghormatan yang berlangsung Selasa, 14 November kemarin mengambil tempat di Usyifa, sebuah kota Arab Israel dekat dengan lokasi kebakaran. Para petugas Palestina rencananya juga akan dianugerahi penghargaan dalam acara tersebut.

Pembatalan tersebut menjadi hal yang memalukan bagi Israel karena terjadi di saat pemimpin mereka telah menyatakan niatnya menegosiasikan kesepakatan damai dengan Palestina.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Linux Opensource & Phreaking Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger